Sabtu, 09 Maret 2013

Awal Mula Tenis di Rusia

Tsar Aleksander II
Sejarah tenis modern dimulai pada abad 18 dimana seorang dari British, Major Walter Wingfield, yang menyebut permainan ini dengan sebutan 'sphairistike' yang diambil dari bahasa Yunani yang artinya 'permainan bola'. Kemudian permainan ini dikembangkan seperti permainan tenez di Perancis dan bahkan merubah namanya menjadi Tennis. Ia pun sempat menklaim hak milik dan peraturan permainan ini yang kemudian menjadi dasar dari permainan tennis saat ini. Permainan ini sangat populer di Amerika Serikat dan dari situlah mulai menyebar ke berbagai belahan dunia. [1]

Tennis kemudian masuk Rusia pada masa Tsar Aleksander II sekitar pertengahan abad 19.
Bisa dibilang juga saat Tsar Aleksander III naik, permainan ini dianggap sebagai permainan Rusia dengan adanya permulaan proses Rusifikasi yang bertujuan untuk me-Rusiakan apa saja yang masuk ke Rusia sebagai bagian dari budaya Rusia.

Di Rusia, tenis ini juga merupakan olahraga bangsawan yang cukup digemari disana. Tsar Nikolai II dan Lev Tolstoy adalah salah satu dari sekian banyak bangsawan yang menggemari tenis.
      
            Bahkan Tsar Nikolai II juga menuliskan tenis di dalam buku diari miliknya, sedangkan Tolstoy menuangkan kegemarannya bermain tenis dengan memperkenalkan olahraga itu melalui bukunya Anna Karenina. Pada masa awal Soviet, tenis sempat dilarang karena dianggap sebagai 'olahraga kaum borjuis' walau ada beberapa bukti sejarah yang menyatakan bahwa Vladimir Lenin juga bermain tenis.


            Pemain Soviet pertama yang mewakili Soviet ke pertandingan tenis internasional adalah Anna Dmitriyeva pada tahun 1956. Hal ini dikarenakan Nikita Kruschev, presiden Soviet pada saat itu melakukan beberapa perubahan pasca-Stalin yang salah satu perubahan itu adalah bolehnya masuk kebudayan barat di Soviet dan diperbolehkannya turis untuk datang ke Soviets.


            Sejak saat itu prestasi petenis Rusia semakin menanjak, terutama pada masa Boris Yeltsin yang adalah presiden Federasi Rusia yang juga adalah penggemar tenis. Dari Yeltsin inilah banyak kesempatan - kesempatan petenis Rusia mengembangkan bakatnya dan berkancah di dunia internasional hingga menduduki peringkat atas tenis dunia sekarang ini.

Sejarah Federasi Tenis Rusia dan perkembangannya 
(Russia Tennis Federation)

           Pada tahun 1860, Rusia mendirikan klub tenis pertama mereka yaitu St. Peterburgs cricket club yang merupakan wadah tenis Rusia pada masa itu. Kemudian pada tahun 1903, melalui klub tenis yang ada, petenis Rusia melakukan debut internasional pertama mereka yang lalu pada 3 Juni 1908 dibentuklah The Russian Union of Lawn Tennis Clubs yang merupakan dasar atau cikal bakal dari Federasi Tenis Rusia sekarang ini. Tanggal 3 Juni ini juga diperingati sebagai hari jadi Federasi Tenis Rusia. Pada tahun 1913,The Russian Union of Lawn Tennis Clubs juga menjadi salah satu yang membantu mendirikan The International Lawn Tennis Union yang sekarang lebih dikenal dengan Federasi Tenis Internasional (The International Tennis Federation). Pemerintah Soviet pada tahun 1029 juga membentuk All-Union Tennis Section untuk mengembangkan tenis di Rusia.
            Di tahun 1956, The Tennis Federation of the USSR dibuat dan pada tahun ini pula USSR menjadi anggota dari Federasi Tenis Dunia dan ikut menyelenggarakan pertandingan tenis skala internasional. Tahun 1990, pertandingan tenis profesional dunia, Kremlin Cup, pertama kali dibentuk.



[1] Lifestyle Lounge. (History of Tennis). Diakses melalui http://lifestyle.iloveindia.com/lounge/history-of-tennis-2241.html pada 22 Desember 2012, pukul 19.38 WIB.

0 komentar:

Posting Komentar

assalamualaikum..

hoihoi.. check it up my blog..

who's visited :)

hey check it up !!


VideoPlaylist
I made this video playlist at myflashfetish.com