Sabtu, 09 Maret 2013

Sejarah Hoki Es Rusia

Sebelum tahun 1917, “Ice Hockey” atau kita sebut sebagai Hoki es tidak begitu dikenal di Rusia. Beberapa tim olahraga hoki mulai mengikuti perlombaan seperti dalam kompetisi olahraga musim baru di musim dingin, 3 tahun berselang akhirnya hoki es Rusia berhasil memasuki liga hoki es Internasional pada tahun 1911. Namun amat disayangkan permainan tim hoki Rusia tidak menorehkan sejarah yang cukup baik pada masa itu, dan tidak lama setelah itu “All-Russian Hockey union” meninggakan liga hoki es Internasional.
            Sejarah hoki es di Soviet Rusia baru mulai kurang lebih setelah tahun 1917 yang diawali oleh hoki lapangan yang menjadi sangat populer.
            Pada awal abad ke-20, permainan ini menjadi popular khususnya dikalangan perempuan. Hoki es pada dasarnya jarang sekali dimainkan dan hanya dimainkan oleh mahasiswa olahraga pada universitas-universitas tertentu, dimana memang pada dasarnya mereka di haruskan untuk mempelajari semua jenis olahraga. Hoki es bukanlah olahraga asli dari Rusia, namun tetap saja olahraga ini sangat digemari oleh pemuda sampai setelah WWII ketika pada tahun 1946 liga Hoki Soviet didirikan.
            Pada 1 April tahun 1952 Liga Hoki Soviet bergabung ke dalam liga hoki Internasional untuk menjadi salah satu penampilan terbaik di liga.
            Seketika olahraga musim dingin ini menjadi sangat popular. Semua pemuda Rusia menjadi terobsesi dengan “tongkat & keeping” yang ada dalam Hoki es.         
            Ketenaran dari Hoki es di Rusia tidak lain tidak bukan adalah hasil dari tim Hoki Soviet yang memenangkan banyak kejuaraan 7:3 “World Championship” yang pertama pada tahun 1954 sukses mengalahkan Kanada. Dan 4:0 tim US lebih unggul pada “olympic games of Cortina D’Ampezzo”. Sejak saat itu, banyak anak laki-laki yang mengharapkan stik hoki sebagai hadiah  dalam ulang tahun mereka, natal atau bahkan perayaan tahun baru. Tidak mengherankan jika Hoki menjadi buah bibir pembicaraan di Rusia dari tahun 1960 – 1970 pada masa keemasannya. Tim nasional hoki es Rusia di dominasi oleh dua tim raksasa yakni TSKA (Soviet Army Club) dan spartak.
            Jatuhnya USSR merupakan waktu tersulit untuk tim national hoki es Rusia. Tahun 1989 adalah tahun pertama dimana para pemain hoki Soviet mulai meninggalkan negaranya untuk mencari gaji yang lebih baik dan juga untuk mencari tim yang lebih baik seperti saat masa Soviet terdahulu. Gejolak ini mengambil kurun waktu kurang lebih 15 tahun sampai masa pencarian tim Hoki es Rusia yang baru dan juga pelatih professional untuk Hoki es Rusia.

            Sekarang, berdasarkan statistik olahraga Rusia, Rusia memiliki total 77.702 pemain Hoki es, yaitu sekitar 0,05% dari seluruh penduduk di Rusia. Siapa tahu, mungkin segera kita akan melihat tim perempuan Hoki es Rusia (berpartisipasi dalam kejuaraan dunia sejak 2007). Dimana menjadi tandingan yang tidak kalah dengan tim pria-nya.[1]


[1]RIA Novosti. Aleksey Nikolskiyen.rian.ru/sports/exsoviet/sports/20090915/156134085.html  diakses pada 21 Desember 2012 pukul 18.50 WIB.

1 komentar:

ivan verys mengatakan...

Thanks ya sob udah share, blog ini sangat membantu saya .............






biro tiket pesawat

Posting Komentar

assalamualaikum..

hoihoi.. check it up my blog..

who's visited :)

hey check it up !!


VideoPlaylist
I made this video playlist at myflashfetish.com